Edukasi Blog

Carilah apa yang ingin kalian cari, gapailah apa yang ingin kalian gapai. #EdukasiBlog

Pengertian Biosfer

 Gambar Jerapah
Gambar dikutip dari : google.com

Pengertian Biosfer. Biosfer merupakan salah satu kajian dalam ruang lingkup geografi. Makhluk hidup di muka bumi, meliputi manusia, hewan (fauna), dan tumbuhan (flora) memerlukan ruang atau tempat yang sesuai bagi kelangsungan hidupnya. 
Biosfer adalah lapisan yang ada di permukaan bumi tempat mahluk hidup tinggal. Biosfer merupakan lapisan kehidupan (bio : makhluk hidup, sphera : lapisan). Lapisan biosfer merupakan penggabungan dari lapisan litosfer (tanah), hidrosfer (air) , dan atmosfer (udara) sebagai tempat yang memungkinkan mahluk hidup untuk tinggal. Misalnya, tanah digunakan mahkluk hidup untuk tinggal, air digunakan untuk minum dan tempat tinggal bagi hewan-hewan air, dan udara digunakan makhluk hidup untuk bernafas. Dalam lingkup biosfer terdapat mahkluk hidup. Ilmu yang mempelajari persebaran hewan hewan dan tumbuhan di permukaan bumi disebut biogeografi.

Biogeografi terbagi atas dua bagian, yaitu zoogeografi dan fitogeografi. Zoogeografi adalah cabang ilmu biogeografi yang mempelajari hal ikhwal penyebaran hewan di muka bumi. Fitogeografi adalah cabang ilmu biogeografi yang mempelajari studi dan deskripsi perbedaan fenomena distribusi vegetasi. Persebaran hewan dibatasi oleh daerah tertentu saja karena adanya penghalang (Barrier), meliputi topografi dan iklim. Topografi yang terjal, curam, dan daerah pegunungan merupakan batas penyebaran mahkluk hidup. Selain itu, iklim meliputi suhu dan curah hujan pun turut berpengaruh terhadap pola persebaran mahkluk hidup di muka bumi. 

Penyebaran mahkluk hidup dapat terjadi melalui tiga cara, yaitu penyebaran gang (koridor), filter, dan untung-untungan. Berikut ini penjelasan proses penyebaran mahluk hidup di alam : 
  1. Penyebaran melalui gang (koridor) :  penyebaran melalui bermacam-macam habitat. Hal ini bertujuan agar komposisi jenis biota pada satu ujung hampir sama dengan komposisi pada ujung yang lain. 
  2. Penyebaran melalui Filter : Penyebaran melalui gang dengan kisaran habitat yang terbatas, sehingga hanya sebagian biota yang dapat menyebar. Misalnya, sungai yang besar dan lebar merupakan penghalang (Barrier) bagi hewan yang tidak mampu berenang. 
  3. Penyebaran untung-untungan : terjadi apabila penyebarannya bergantung pada keadaan yang terjadi secara kebetulan. Misalnya, penyebaran buah kelapa atau ketapang yang terbawa arus laut sehingga terdapat di tempat lain. 
Pada kajian tentang Biosfer (flora dan fauna) terdapat dua istilah yang sering diungkapkan, yaitu bioma serta ekosistem. Bioma adalah satuan unti organisme yang terdiri atas kumpulan hewan, tumbuhan atau komunitas yang memiliki persamaan bentuk dan kondisi lingkungan. Secara umum ekosistem dapat diartikan sebagai suatu sistem yang terdiri atas tumbuhan (flora), hewan (fauna), dan lingkungan fisik yang saling memengaruhi satu sama lainnya. Ekosistem terdiri atas komponen-komponen sebagai berikut :
  1. Komponen biotik, meliputi : 
    1. tumbuhan sebagai kelompok produsen
    2. hewan sebagai kelompok produsen
      1. herbivora (pemakan tumbuhan);
      2. karnivora ( pemakan daging);
      3. omnivora ( pemakan tumbuhan dan daging);
      4. bakteri dan jamur (pengurai).
  2. Komponen abiotik, meliputi : 
    1. iklim
    2. bahan-bahan organik

Demikian pembahasan yang dapat saya sampaikan untuk saat ini, lebih dan kurangnya mohon di maafkan. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat bagi anda, apalah salahnya untuk share artikel ini melalu Facebook, Twitter dan Google+, atau anda juga bisa memberitahu teman anda tentang blog ini. berilah komentar, saran dan kritikan yang selayaknya. Terima kasih atas kunjungan nya.
Postingan selanjutnya, insya Allah : Persebaran Flora dan Fauna di Muka Bumi


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Geografi SMA dengan judul Pengertian Biosfer. Berbagi itu indah. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... TTD : Edukasi Blog
Ditulis oleh: Unknown - Kamis, 26 Juni 2014

Belum ada komentar untuk "Pengertian Biosfer"

Posting Komentar