Edukasi Blog

Carilah apa yang ingin kalian cari, gapailah apa yang ingin kalian gapai. #EdukasiBlog

Diferensiasi Sosial


Edukasi Blog - Diferensiasi Sosial. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda mengetahui adanya pembedaan, misalnya ada laki-laki dan ada perempuan.Selain itu, di dalam masyarakat juga ada pembedaan orang berdasarkan jenis pekerjaan, suku bangsa, atau ras tertentu. Misalnya, suku Jawa, Suku Batak, suku Banjar, ras Negro, dan ras Melanisian. Perbedaan tersebut tidak memperlihatkan bahwa laki-laki lebih tinggi dari perempuan, atau suku Jawa lebih tinggi dari suku Batak. Diferensiasi dapat berkembang menjadi stratifikasi apabila perbedaan hak dan kewajiban tersebut digunakan sebagai ukuran untuk memperoleh hal-hak yang istimewa dalam hal kekayaan, kekuasaan, serta martabat (prestise). Akan tetapi, bukan berarti bahwa semua diferensiasi akan mengarah kepada stratifikasi sosial, karena di dalam masyarakat terdapat kekuatan-kekuatan yang mendorong penghapusan perbedaan-perbedaan atau diskriminasi di antara sesama manusia.

Diferensiasi sosial sebagai perwujudan pembagian secara horizontal, dapat dibagi berdasarkan ras, etnis, agama, gender, dan suku bangsa.

Diferensiasi berdasarkan ras
Manusia sebagai salah satu makhluk yang tinggal dimuka bumi ini terbagi-bagi kedalam kelompok masyarakat yang tidak terhitung jumlahnya. Setiap kelompok juga mengembangkan suatu kebudayaan, mengembangkan pandangan tentang in-group dan out-group, dan mengembangkan perbedaan berdasarkan perbedaan-perbedaan fisik yang turun temurun yaitu ras.Oleh karena itu, ras adalah kategori individu yang secara turun temurun terdapat ciri-ciri fisik dan biologis tertentu yang khas. Beberapa pengertian ras menurut para ahli adalah sebagai berikut.
  1. Bruce J. Cohen : Ras adalah kategori individu yang secara turun temurun memiliki ciri-ciri fisik dan biologis tertentu yang sama.
  2. Horton dan Hunt : Ras adalah suatu kelompok manusia yang agak berbeda dengan kelompok-kelompok lainnya dalm segi ciri-ciri fisik bawaan. Di samping itu, banyak juga ditentukan oleh pengertian yang digunakan oleh masyarakat.
  3. Alex Thio : Ras adalah sekelompok orang yang dianggap oleh masyarakat memiliki ciri-ciri biologis yang berbeda.
  4. Stephen K. Sanderson : Ras adalah suatu kelompok atau kategori orang-orang yang mengidentifikasikan diri mereka sendiri, dan diidentifikasikan oleh orang-orang lain, sebagai perbedaan sosial yang dilandasi oleh ciri-ciri fisik atau biologis.
Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa ras adalah kategori individu yang secara turun temurun memiliki ciri-ciri fisik, dan biologis tertentu. Persamaan umum dalam ras yaitu, ras merupakan suatu pengertian biologi, bukan pengertian sosiokultural. 

Diferensiasi berdasarkan Etnis
Menurut William Kornblum, kelompok etnis adalah suatu populasi yang memiliki identitas kelompok berdasarkan kebudayaan tertentu dan biasanya memiliki leluhur yang secara pasti atau di anggap pasti sama.

Menurut Alex Thio, kelompok etnis adalah sekelompok orang yang saling berbagi warisan kebudayaan tertentu. Dengan kata lain, etnis berbeda dengan ras karena kelompok etnis digunakan untuk mengacu kepada suatu kelompok atau kategori sosial yang perbedaannya terletak pada kriteria kebudayaan, bukan biologis.

Sementara itu, menurut Horton dan Hunt, istilah kelompok etnis disebutkan bagi setiap bentuk kelompok yang secara sosial dianggap ada dan telah mengembangkan subkulturnya sendiri. Dengan kata lain, suatu kelompok etnis adalah suatu kelompok yang diakui oleh masyarakat dan oleh kelompok etnis itu sendiri sebagai suatu kelompok yang tersendiri.

Diferensiasi Berdasarkan Agama 
Menurut William Kornblum , agama adalah sejumlah jawaban logis tentang dilema keberadaan manusia yang membuat dunia lebih berarti.Adapun dalam pandangan Emile Durkheim agama adalah suatu sistem kepercayaan beserta praktiknya, serta berkenaan dengan hal-hal sakral yang menyatukan pengikutnya dalam suatu komunitas moral. Agama berisi tentang :
  1. sesuatu yang dianggap sakral, melebihi kehidupan duniawi, dan menimbulkan rasa kekaguman dan penghormatan;
  2. sekumpulan kepercayaan tentang hal yang dianggap sakral;
  3. penegasan kepercayaan dengan melaksanakan ritual, yaitu aktifitas keagamaan;
  4. sekumpulan kepercayaan yang ikut dalam ritual yang sama.
Diferensiasi berdasarkan Jenis Kelamin dan Gender
Pembicaraan tentang perbedaan antara perempuan dan laki-laki akan mencakup tentang perbedaan secara seks dan perbedaan gender. Menurut William Kornblum, perbedaan secara seks adalah perbedaan antara perempuan dan laki-laki secara biologis. Perbedaan tersebut adalah karakteristik seks primer, seperti alat kelamin yang berbeda antara laki-laki dan perempuan dan karakteristik seks sekunder yang akan muncul kemudian seperti bentuk tubuh atau bentuk suara. Adapun perbedaan secara gender adalah cara berperilaku yang berbeda bagi laki-laki dan perempuan yang sudah ditentukan oleh kebudayaan, yang kemudian menjadi bagian dari kepribadiaannya. 

Diferensiasi berdasarkan Suku Bangsa 
Istilah suku bangsa menurut Koentjaraningrat adalah suatu golongan manusia yang terikat oleh kesadaran dan identitas akan "kesatuan kebudayaan" dimana kesadaran dan identitas tadi sering (tetapi tidak selalu) dikuatkan oleh kesatuan bahasa. "Kesatuan kebudayaan" tersebut bukan merupakan hal yang ditentukan oleh orang luar, melainkan oleh warga kebudayaan yang bersangkutan. Misalnya orang-orang Jawa memiliki kesadaran sendiri bukan karena penelititan etnografi bahwa diantara mereka ada keseragaman mengenai kebudayaan Jawa yang memiliki kepribadian dan identitas khusus yang berbeda dengan kebudayaan lain.

Diferensiasi berdasarkan Klan
Klan atau clan berarti kaum, suku, atau marga. Klan adalah kelompok kekerabatan dengan cara menarik garis keturunan secara unilateral, baik dari pihak ibu maupun dari pihak ayah. Jika kelompok kekerabatan tersebut menarik garis keturunan dari pihak ayah, disebut keluarga patrilineal, sedangkan, jika menarik garis keturunan dari pihak ibu disebut keluarga matrilineal. 


Demikian yang dapat saya postingkan pada kesempatan kali ini, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Billahi taufiq wal hidayah , Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. 

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Sosiologi SMA dengan judul Diferensiasi Sosial. Berbagi itu indah. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... TTD : Edukasi Blog
Ditulis oleh: Unknown - Minggu, 29 Juni 2014

Belum ada komentar untuk "Diferensiasi Sosial"

Posting Komentar